Tips Memilih Jasa Arsitek Untuk Desain Segala Bangunan

Ketika Anda sudah memiliki rencana untuk membangun sebuah bangunan, pernahkah Anda bayangkan untuk mewujudkan rumah idaman tanpa bantuan jasa arsitek? Hmm, tentu saja ini merupakan pekerjaan berat bagi Anda. Sebab arsitek memiliki kemampuan tertentu yang tak dimiliki orang-orang biasa.

Terlebih lagi, jika Anda adalah orang yang masih awam dalam hal konstruksi. Alih-alih ingin menghemat pengeluaran, justru rumah idaman Anda nampak seolah biasa saja. Tidak mengeluarkan karakteristik sama sekali. Meskipun gaya arsitekturnya terlihat, tentu hasilnya menjadi kurang ideal.

Oleh karena itu, jasa arsitek memiliki peran penting dalam mewujudkan seperti apakah rumah idaman yang Anda inginkan. Bahkan, jasa arsitek pun juga mampu menyesuaikan budget yang Anda keluarkan dengan kebutuhan konstruksi rumah.

Inilah yang menjadi alasan mengapa menggunakan jasa arsitek adalah sebuah keputusan bijak sebelum memulai proses pembangunan. Ada pun, beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai kontrak kerjasama dengan pihak jasa arsitek. Sebagaimana poin-poin pokok yang wajib Anda cermati.

Amati Halaman Portfolio

Tingkat kehandalan perusahaan jasa arsitek bisa dilihat dari banyak hal. Salah satunya yaitu pada bagian halaman portfolio dalam halaman website resminya. Jika jumlah portfolio dalam halaman tersebut lumayan banyak, maka pihak jasa arsitek tersebut telah berpengalaman.

Amati pula bagaimana rancangan desain yang telah mereka desain sebelumnya. Sudahkah desain yang dirancang telah sesuai dengan selera Anda? Tipe-tipe apa sajakah yang sudah pernah didesain oleh mereka?

Jika Anda berniat untuk merancang suatu bangunan untuk keperluan bisnis, misal perkantoran. Maka amati kembali bagian portfolio-nya untuk melihat apakah mereka pernah merancang desain perkantoran sebelumnya.

Jika tidak ditemukan sama sekali, hampir dapat dipastikan jika pihak jasa arsitek tersebut masih belum memiliki pengalaman dalam merancang desain perkantoran. Hal ini tentu akan menjadi kekhawatiran apabila terjadi kesalahan pahaman karena dinilai sebagai arsitek pemula.

Namun, jika Anda merasa bahwa harga paket yang ditawarkan pihak jasa arsitek tersebut sudah cocok. Tidak salahnya Anda mencoba terlebih dahulu. Yang jelas, semua keputusan terletak di tangan Anda.

Amati Kepribadian Seorang Arsitek

Tips berikut ini seringkali dianggap remeh oleh sebagian pemilik rumah. Padahal, mengamati kepribadian seorang arsitek sangat penting dilakukan. Terutama untuk penyedia jasa arsitek oflline, mereka pasti akan menemui Anda secara langsung.

Sebagaimana kita tahu bahwa memperkerjakan arsitek sangat berbeda dengan mempekerjakan seorang tukang ledeng. Bisa saja hubungan kerja Anda dengan pihak arsitek masih terjalin dalam waktu yang lumayan lama. Tidak hanya sehari atau dua hari saja. Melainkan bulanan atau bahkan tahunan.

Inilah yang mendasari untuk memilih seorang arsitek berkepribadian yang cocok dengan Anda. Cobalah amati apakah arsitek tersebut serius atau suka bercanda? Supel atau pendiam? Kalem atau meledak-ledak?

Memilih seorang arsitek berdasarkan kepribadian juga dapat memudahkan Anda untuk luwes berkonsultasi apapun. Mulai dari arsitektur, pemilihan furniture hingga interior rumah.

Amati Testimonial Klien

Jika Anda adalah seorang calon klien yang berhati-hati dalam memilih jasa, pasti poin yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan. Ya, testimonial klien merupakan bisa menjadi alasan terkuat mengapa Anda percaya dan bekerjasama dengan pihak jasa arsitek.

Tiap klien dari pihak individual maupun korporasi, tentu saja akan memberikan feedback positif apabila gambar desain bangunan yang diberikan telah sesuai dengan keinginan klien. Sebaliknya, apabila klien kecewa dengan hasil gambar desain bangunan jasa arsitek, maka klien akan memberikan rating rendah atau bahkan tidak sama sekali.

Namun, jika Anda merasa masih kurang percaya apakah testimonial tersebut asli atau palsu, Anda bisa menanyakannya langsung kepada pihak klien yang bersangkutan. Bisa juga dengan mendatanginya secara langsung, melihat kondisi bangunan yang telah rampung dikerjakan.

Amati Proses Desain Jasa Arsitek

Seusai Anda yakin dengan beberapa testimonial positif pihak klien arsitek. Langkah berikutnya ialah mengamati proses desain jasa arsitek. Tiap orang dilahirkan berbeda-beda, begitu juga dengan arsitek. Mereka memiliki cara kerja atau proses desain yang berbeda pula.

Tanyakan perihal cara kerja tersebut kepada pihak arsitek. Mulai dari apa saja tahap-tahapnya dan kapan deadline-nya. Hingga menuju ke pertanyaan terpenting yaitu berapa fee-nya.

Rata-rata jasa arsitek akan mengajukan penawaran terlebih dahulu. Isi dari penawaran tersebut diantaranya yaitu tahap-tahap pengerjaan disertai dengan deadline, fee serta rincian beragam produk material yang nantinya akan diberikan kepada Anda.

Wajib untuk Anda mempelajari penawaran tersebut secara komprehensif. Tanyakan apabila ada yang sulit untuk dipahami. Bahkan, Anda juga masih bisa menawar harga-harga di dalamnya. Tentu saja dengan penawaran yang rasional.

Jika penawaran dirasa telah cocok, maka Anda akan dimintai penandatangan kontrak kerja antara kedua belah pihak. Tujuannya untuk meminimalisir adanya miskomunikasi kesepakatan antara pihak klien dengan pihak jasa arsitek.

Bersambung…

Related Posts

BUTUH JASA DESAIN ARSITEK ?KLIK DISINI
+ +