Tips Membangun Lantai Mezzanine Ideal di Rumah

Mendengar istilah mezzanine sekilas memang asing dan jarang di telinga kita. Khususnya bagi Anda yang masih baru mulai menggeluti dunia desain interior rumah. Ya, mezzanine merupakan istilah ruang tambahan yang ada di antara plafon dan lantai.

Usut punya usut, kata mezzanone sendiri asalnya dari bahasa Itali, yakni mezzo yang berarti di tengah atau bagian teangah. Mezzanine dibuat dengan tujuan sebagai penambah ruang pada rumah. Cukup mudah, karena Anda tidak perlu menambah jumlah lantainya.

Nah, bagi Anda yang berkeinginan untuk menambah ruang dengan cara membuat mezzanine. Ada baiknya Anda mencermati segelintir hal-hal penting berikut ini:

Fungsi Mezzanine

Penentuan fungsi merupakan poin utama sebelum Anda membuat mezzanine. Sesuaikan ukuran ruangan mezzanine dengan fungsi atau tujuan ruangan yang Anda rencanakan. Misal, pembuatan menzzanine berukuran kecil bisa Anda gunakan sebagai ruang ibadah atau musholla, perpustakaan mini dan beragam ruang mini lainnya.

Berapa Luas Mezzanine

Sesuaikan bentuk dan ukuran mezzanine pada luas ruangan. Apabila kondisi ruangan memang relatif kecil, maka buatlah mezzanine berukuran kecil. Terlalu dipaksakan membuat mezzanine berukuran besar justru membuat rumah Anda terkesan sesak dan pendek.

Idealnya, mezzanine memiliki tinggi tak lebih sekitar 2,7 sampai 3 meter. Karena kondisi mezzanine yang tinggi juga memaksa Anda untuk memasang langit-langit yang tinggi pula. Jika tidak, mezzanine akan menjadi panas dan kurang nyaman. Pembuatan mezzanine yang terlalu tinggi juga berbahaya karena menyebabkan rawan jatuh dari ketinggian.

Pemilihan Material Mezzanine

Sebab Mezzanine sendiri bersifat sebagai ruang tambahan, maka tak heran jika kesannya menjadi semi permanen. Meski demikian, Anda masih harus memperhatikan kekuatan konstruksi yang merupakan segi keamanan dari mezzanine.

Umumnya, mezzanine menggunakan material berbahan kayu, beton atau baja ringan dan lain sebagainya.. Namun jika Anda hendak membuat mezzanine tersebut nampak terang dan terbuka, maka penggunaan material berbahan kaca adalah solusinya.

Sementara untuk pemasangan material lantai mezzanine, Anda bisa memanfaatkan papan kayu kamper. Bisa juga dengan menggunakan multipleks dengan tebal 18 hingga 24 mm. Jika sudah, Anda bisa menutup permukaan lantai dengan karpet untuk memperkuat tema dan keindahan ruang mezzanine.

Our Service : 

Related Posts

BUTUH JASA DESAIN ARSITEK ?KLIK DISINI
+ +