Tips Merancang Desain Ruang Makan dan Dapur yang Digabung

Rumah idaman sejatinya bukanlah sebatas hanya menonjolkan konsep desainnya saja. Lebih dari itu, rumah juga harus memiliki tingkat fungsionalitas yang cukup. Tidak sedikit para pemilik rumah yang menerapkan desain rumah sesuai keinginannya. Meski pada akhirnya mereka juga harus menyadari bahwa kebutuhan lahan di era saat ini sangatlah terbatas.

Kondisi tersebut memaksa mereka untuk menguras otak. Pasalnya, mereka harus benar-benar memaksimalkan fungsionalitas ruangan pada lahan terbatas. Seperti misalnya ruang makan yang harus digabung dengan dapur.

Penggabungan dua ruangan ini dirasa tidak terlalu sulit, pun juga tidak terlalu mudah. Inspirasi desain rumah ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki desain dapur minimalis.

Baca juga : Cara Mendesain Dapur Minimalis

Dengan begitu, waktu kegiatan Anda di dapur akan jauh lebih singkat. Karena efektifitas ruangan yang saling terintegrasi. Ketika aktivitas memasak Anda selesai, selanjutnya Anda bisa membawanya di meja makan untuk disantap bersama dengan keluarga.

Selepas makan, piring-piring kotor yang ada di meja bisa langsung ditaruh di wastafel karena jaraknya yang dekat. Disisi lain menghemat lahan, penggabungan dua ruangan ini juga menghemat pengeluaran.

Tertarik untuk mencoba? Simak ulasan berikut!

Memilih Meja Makan

Pemilihan meja makan merupakan pertimbangan utama yang harus Anda lakukan sebelum menggabungkan dapur dan ruang makan. Pastikan ukurannya proposional. Tidak terlalu kecil, juga tidak terlalu besar sehingga membuat dapur terasa penuh dan sesak.

Untuk mensiasatinya, Anda bisa menggunakan meja dapur berbentuk ramping namun agak tinggi. Bisa juga dengan memanfaatkan meja makan berbahan besi atau stainless steel agar kuat dan tahan lama.

Oh iya, ketika Anda menggunakan meja makan tinggi, pastikan furniture kursinya juga harus tinggi. Sehingga cocok dan menyatu dengan konsep desain minimalis.

Memilih Kitchen Set

Pemilihan kitchen set untuk mewujudkan penggabungan ruangan antara dapur dan meja makan tidaklah sembarangan. Pastikan Anda memilih kitchen set model L atau model single.

Sebab kedua model kitchen tersebut cenderung minimalis, tidak terlalu membutuhkan banyak tempat. Jika ada ruang sisa, maka Anda bisa menempatkan meja makan sebagai ruang makan bersama keluarga.

Penempatan Furniture Ruang Makan dan Dapur

Pemilihan meja makan sudah, kitchen sudah. Itu artinya kita sudah bisa beralih ke langkah berikutnya yakni menentukan penempatan furniture.

Sebagai contoh, agar pergerakan Anda dari dapur lebih leluasa, maka pastikan peletakkan meja dengan tepat. Caranya mudah, letakkan meja tepat di seberang kompor yang tidak dilalui oleh kabinet atau kitchen set lain yang ada di dapur.

Our Service : Jasa Desain Interior Surabaya

Related Posts

BUTUH JASA DESAIN ARSITEK ?KLIK DISINI
+ +